Jumat, 02 Juni 2023

PUBLIC RELATION

 

PUBLIC RELATION

Ini adalah tempat di mana kami berbagi informasi dan wawasan menarik. Kami sangat bersemangat untuk menjelajahi dunia kecerdasan dengan Anda dan membagikan pengetahuan serta pemahaman kami
Public Relations, yang merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam dunia komunikasi dan pemasaran. Melalui blog ini, kami bertujuan untuk menyediakan wawasan, tips, dan tren terkini dalam industri PR, serta membagikan praktik terbaik yang dapat membantu Anda membangun citra merek yang kuat, membangun hubungan yang baik dengan media dan khalayak, serta mengelola krisis komunikasi dengan efektif.
Bersama-sama, kami akan menjelajahi dunia PR, memperluas pengetahuan dan keterampilan kami, dan memperkuat hubungan komunikasi yang baik, dan Kami juga berharap dapat memberikan wawasan dan inspirasi kepada Anda, baik Anda seorang praktisi PR yang berpengalaman atau seseorang yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri ini.
Terima kasih telah bergabung dengan kami di blog Public Relations ini. Kami berharap bahwa konten yang kami sajikan akan bermanfaat bagi Anda, dan kami sangat antusias untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kami. Selamat membaca dan jangan ragu untuk berbagi pandangan dan pertanyaan Anda

Perkembangan tersebut paling banyak terjadi dalam halnya komunikasi. Perkembangan komunikasi juga mempengaruhi teknologi yang pada saat ini kita gunakan. Tentunya perkembangan teknologi komunikasi tersebut juga melahirkan alat atau media baru bagi Public Relations. 

Hal tersebut memunculkan istilah baru dalam komunikasi yaitu Cyber Public Relations. Aktivitas PR tetap dituntut optimal karena cyber merupakan senjata kuat untuk menyebarkan informasi perusahaan terhadap masyarakat luas.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang Cyber Public Relations dalam dunia komunikasi. Tentunya sebelum mengetahuyi lebih banyak tentang apa itu Cyber Public Relations di bawah ini terdapat mind map yang dapat membantu teman-teman sekalian dalam mempermudah pemahaman tersebut. 
Pada masa modern ini hampir semua pembisnis menggunakan Cyber PR ini karena Cyber PR dapat memanfaatkan semua media elektroknik khususnya internet dalam proses pembangunan hubungan antara bisnis didalam perusahaan public dan dengan media internet yang sifatnya interaktif ini menjadikan suatu strategi yang sangat efektif untuk membangun hubungan sebuah perusahaan agar lebih dikenal pada public.
*PR dalam internet dapat dilakukan dengan jalan mengikuti mailing list-mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan kita. Banyaklah menuliskan tulisan berupa artikel, press release mengenai perusahaan anda dalam milis tersebut. Dengan begitu seluruh anggota milis akan kena terpaan publikasi yang telah PR lakukan.
*Untuk menjaga hubungan baik dengan wartawan dapat dilakukan melalui email, jika seorang PR mempunyai database alamat email seorang wartawan akan lebih sangat mudah dalam mengirimkan siaran pres. Jika perusahaan anda mempunyai siaran pres yang butuh disampaikan dengan segera, anda tinggal sekali “click” maka siaran pres anda akan langsung sampai di meja wartawan.

Dan kita sebagai mahasiswa harus memahami Public Relations
• Mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep, teori, metode, dan/atau falsafah Cyber PR
• Mahasiswa mampu menerapkan dan mempunyai kemampuan untuk melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode mengenai Cyber PR

DEFINISI CYBER PR 
Cyber Public Relations adalah penerapan dari perangkat ICT (Information and Communication Technologies) untuk keperluan Public Relations dalam membangun merek (brand) organisasi kepada publik atau khalayak dan dapat dilakukan secara one-to–one relations yang bersifat interaktif.

SECARA DEFINITIF
Cyber Public Relations merupakan kegiatan kehumasan yang dilakukan dengan sarana media elektronik Internet.
Banyak perusahaan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan Twitter untuk membangun reputasi dan mempermudah berinteraksi dengan publik. Menjadi tantangan baru untuk praktisi humas agar responsif dan inovatif mengembangkan perusahaan di mata stakeholders sesuai zaman era digital. Selain itu, berkutat pula karena adanya pandemi Covid-19, sehingga berbagai kegiatan humas terpaksa dialihkan dalam dunia cyber.

Aktivitas PR tetap dituntut optimal karena cyber merupakan senjata kuat untuk menyebarkan informasi perusahaan terhadap masyarakat luas.
Konsep Cyber PR
 secara garis besar adalah sebuah kegiatan kehumasan yang dilakukan dengan menggunankan media intenet untuk membangun ataupun mempertahankan sebuah merk atau Brand.

PR sebenarnya ada di mana – mana, bukan hanya sebagai perannya untuk menyampaikan informasi kepada publik, mempertahankan dan meningkatkan citra, tetapi dalam bagaimana seorang PR harus paham Bagaimana dan apa yang harus dilaksanakan sebagai PR yang Peka akan teknologi di Era Globalisasi ini

Dosen: Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom

MUCHAMAD AKBAR FAQIH
03202140121
ILMU KOMUNIKASI R3





Sekian yang bisa saya sampaikan menurut pendapat saya
TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Human Resources Manajemen dan Motivasi

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu aspek paling kritis dalam mengelola sebuah organisasi. Manajemen yang efektif tidak ha...